Idul Adha 1445 H, Mesjid Darulsalam Sikumana Potong Hewan Qurban 29 Sapi dan 46 Kambing

Posted by : jurnalnt June 17, 2024 Tags : Api , Donatur , Idul Adha

KUPANG,jurnalntt.com| Mesjid Darulsalam Sikumana melaksanakan kegiatan pemotongan hewan kurban dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah. 

Kegiatan ini dilaksanakan di Halaman Masjid Darulsalam Sikumana Kota Kupang Nusa Tenggara Timur Senin,17/6/2024.

Ketua Panitia pemotongan hewan qurban, Patrai Anwar S.Sos., S.H., mengatakan pemotongan hewan qurban sebanyak 29 ekor sapi dan 46 ekor kambing.

Dijelaskan Patrai Anwar, hari ini 7 ekor sapi yang sudah dipotong dari 29 ekor sapi dan kambing 13 ekor yang sudah dipotong dari 46 ekor kambing.

Menurut Patrai, sapi qurban ini berasal dari jamaah Mesjid Daruslam Sikumana dan dari lembaga Rumah Zakat kemanusiaan Jakarta yang bermitra dengan yayasan bakti NTT.

Kegiatan pemotongan hewan kurban ini merupakan bagian dalam mempererat kebersamaan dan kepedulian terhadap masyarakat dan sebagai bentuk rasa syukur dan kepedulian terhadap sesama, serta ketaatan kepada perintah Allah SWT.

“kami tetap bersyukur tahun ini ada peningkatan dibanding tahun lalu ,” ungkap ketua Panitia yang masih aktif sebagai anggota tentara.

Daging kurban yang telah dipotong rencananya akan didistribusikan kepada masyarakat. Target yang akan disalurkan hari pertama sebanyak 500 kantong.

“ untuk hari pertama kita salurkan ke jemaah Sikumana dengan jumlah KK 282 tetapi kita dobelkan karena antisipasi ada yang belum tercatat namanya. Sedangkan untuk hari kedua kita belum tahu berapa yang akan kita potong karena sapi masih dalam perjalanan dan sampai hari ketiga jumlah sapi yang 29 ekor ini harus dipotong semua begitu juga kambing 46 ekor harus terpotong ,” terang Patrai.

Untuk hari kedua hewan qurban yang dipotong diperuntukkan kepada masyarakat Sikumana dan tetangga sekitar mesjid dan semua harus dapat selama 3 hari ini.

Lebih lanjut dijelaskan hewan qurban yang sudah dipotong ini diperiksa oleh tim kesehatan diantarnya ada 3 orang drh. Petrus Malo Bupu,drh Cornelia Awa dan drh. Tri Tani.

Harapan Patrai Anwar, tahun depan baik pemerintah pusat, pemerintah daerah dan lain-lainnya bisa memberikan amanah atau kepercayaan kepada mesjid Darulsalam Sikumana untuk kami dapat menjalankan amanah ini,” pungkas Patrai.( Vir). 

RELATED POSTS
FOLLOW US