Kelurahan Liliba Responsif Baik dalam Upaya Perlindungan Anak

Posted by : jurnalnt May 18, 2024 Tags : Anak , ChildFund , KELUARAHAN

 

KUPANG,jurnalntt.com| ChildFund International Indonesia bersama pemerintah kelurahan Liliba bekerjasama dalam upaya Perlindungan Anak Terpadu berbasis masyarakat (PATBM). 

Kelurahan Liliba menjadi salah satu kelurahan yang memiliki responsif baik dalam upaya aktivis Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM).

Hal ini disampaikan Officer Partnership Portfolio ChildFund Tabitha Kale, saat ChildFund International Indonesia mengunjungi Kantor Kelurahan Liliba Kamis,16/5/2024.

Menurut Tabitha tujuan dari kunjungan ke Kelurahan Liliba sambil belajar praktek baik yang sudah dilakukan oleh PATBM  kelurahan Liliba dukungan chidFund Indonesia melalui mitranya yayasan cita madani

” Dipilihnya kelurahan Liliba secara keseluruhan kerja sama setiap elemen sangat kuat dan sangat responsif terhadap program chidFund melalui Yayasan Cita Madanii,” jelas Tabhita.

Kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan termasuk orangtua, orang muda, pengasuh, masyarakat, Aktivis PATBM Kelurahan Liliba mengambil tindakan atau praktek baik untuk memastikan keselamatan anak. Praktek baik ini meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang kerentanan dan resiko di kalangan anak.

“ Apa yang dilakukan ini akan diterapkan menjadi inspirasi bagi aktivis PATBM di Provinsi lain dampingan ChildFund Internasional di Indonesia,” papar Tabhita.

“ Kelurahan Liliba menjadi salah satu wilayah kerja ChildFund Internasional di Indonesia melalui yayasan Cita Masyarakat Madani (Cita Madani), mereka sangat responsif dengan program- program ChildFund Indonesia.Kami punya program pengasuhan responsif, pengasuhan positif, pendidikan kecakapan hidup literasi dan keuangan yang berbasis komunitas dan SD Liliba adalah salah satu sekolah yang mendukung sebagai sekolah ramah anak. Kami juga mendukung forum anak dan karang taruna di Kelurahan Liliba,”ungkap Tabitha.

Di tempat yang sama, plh Lurah Liliba Herianto Noman, SE menyampaikan keberhasilan dan sikap responsif PATBM di Kelurahan Liliba juga merupakan dukungan dan adanya kolaborasi bersama dengan berbagai pemangku kepentingan termasuk Babinsa dan Babinkamtibmas yang ada di Kelurahan Liliba.

“Ada Babinsa, babinkamtibmas, RT/RW, tokoh masyarakat,pengasuh,orangtua, anak muda dan guru dalam menangani kasus kekerasan terhadap anak. Dengan adanya kunjungan ChilFund International Indonesia ke Kelurahan Liliba, ini adalah komitmen bersama untuk memperkuat upaya perlindungan anak dengan memanfaatkan pengetahuan dan kearifan lokal sesuai dengan visi dan misi childFund.

Untuk diketahui sebelum melakukan kunjungan ke Kelurahan Liliba ChildFunf di Indonesia sudah melakukan pertemuan perlindungan anak nasional dan Asia untuk melindungi anak dari kekerasan baik itu kekerasan rumah tangga, sosial, eksploitasi anak dan pelecehan anak yang berlangsung di Harper Hotel Kupang NTT.(Vir)

 

 

RELATED POSTS
FOLLOW US