Kapolresta Kupang Kota dan KBPP Polri Serahkan Bantuan Buku Untuk Pondok Baca Bonak

Posted by : jurnalnt May 4, 2024 Tags : Bonak , Kapolresta Kupang Kota , KBPP Polri

KUPANG, jurnalntt.com| Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si, dan Keluarga Besar Putra Putri (KBPP) Polri Resta Kupang Kota menyerahkan bantuan buku untuk Pondok Baca Bonak Amnesi Kupang Nusa Tenggara Timur Sabtu, 4/5/2024. 

Ketua Keluarga Besar Putra Putri (KBPP)Polri Resta Kupang Kota, Ina Djara, S.Sos.,M.M. dalam sambutannya mengatakan Kegiatan ini dalam rangka peningkatan literasi.

“ Sekarang memang banyak melalui media sosial tetapi literasi membaca buku itu penting. Kami terinspirasi dan KBPP Polri ada di tengah masyarakat salah satunya adalah kegiatan literasi di taman Bonak ini,” ungkap Ina Djara Kepala Program dan Pengembangan Usaha LPP TVRI Stasiun NTT.

Menurut Ina Djara membaca buku tidak saja kepada anak- anak tetapi juga remaja putus sekolah yang berada di sekitar lokasi taman pondok baca Bonak.

“ Kami harapkan taman baca bonak menjadi media sehingga bagi remaja yang putus sekolah mereka bisa melanjutkan sekolah paket,” ujarnya.

Ina menambahkan Buku- buku yang dibagikan tidak saja buku- buku cerita tetapi ada buku bacaan inspirasi, cerita bergambar, kisah perjuangan atau dongeng.

“ Kami harapkan taman baca Bonak menjadi media dan disini pola pemberdayaan bisa terbangun dengan UMKM, paling tidak untuk bisa menghidupi dirinya sendiri. Kami juga punya harapan besar agar Polresta Kupang Kota bisa bersama bergandengan tangan atau jika ada program yang dicanangkan Resta Kupang kami siap membantu misalnya pengaman gereja atau lainnya,” ujar Ina Djara.

Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si saat ditemui usai acara penyerahan mengatakan, buku-buku pelajaran yang diserahkan tersebut bertujuan untuk mendukung proses belajar di taman baca dan menambah wawasan.

Menurutnya, anak anak adalah generasi muda harapan bangsa oleh karena itu harus mendapatkan perhatian serius sehingga tumbuh kembang anak dapat berjalan dengan baik.

“ Kami mendukung dan akan minta bantuan kepada Infokom untuk dapat memasang Wifi di taman baca Bonak agar anak-anak dapat secara langsung belajar karena Anak-anak itu simbol massa depan, jadi jangan sampai kita salah memberikan jalan pendidikan. Apalagi dengan Perkembangan teknologi menbuat belajar jadi lebih mudah. Anak-anak itu perlu kita dukung,” kata Kapolresta.

Sementara Ketua KBPP Polri PD NTT, Lay Djaranjoera menyampaikan, buku-buku yang ada ini sifatnya buku cerita dan ringan untuk anak-anak, yang bisa dibaca sambil bermain.

“Kita berharap nalar kritis anak-anak terbangun dengan melihat dan membaca buku mereka akan cerdas dan cakap,” ujar Lay Djaranjoera.

Hal senada juga disampaikan pemilik dan pendiri Taman baca Bonak Abner Kia, bahwa tingkat minat membaca masyarakat Indonesia masih terbilang cukup rendah.

“ Berdasarkan itu, usaha sekecil apapun kita lakukan untuk membantu meningkatkan minat baca generasi Indonesia yang cerdas dengan mendirikan taman baca Bonak ini. Kami ucapakan banyak terima kasih atas kepedulian bapak Kapolresta dan KBPP Polri. Dengan adanya taman bacaan ini, kami berharap bisa membantu program pemerintah terkait literasi membaca, sehingga anak-anak dapat memanfaatkan taman bacaan untuk dijadikan tempat belajar,” terang Abner Kia.

Usai menyerahkan sumbangan buku- buku dilanjutkan dengan penaburan benih ikan nila sebanyak 100 ekor di area persawahan Taman baca Pondok Bonak.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Pembina Polresta Kupang Kota, Ketua KBPP Polri PD NTT, Ketua KBPP Polri Resta Kupang Kota, Wanhat Salmon Mesakh, pemilik pondok Taman baca Bonak Abner Kia, dan tamu undangan yang hadir.(Vir)

 

 

RELATED POSTS
FOLLOW US